Pulau Bali jadi destinasi paling populer di Indonesia. Pesona lautnya yang indah memicu Bali tak pernah sepi berasal dari pengunjung lokal dan mancanegara. Gak cuma kaya area wisata, Pulau Dewata termasuk menyimpan beragam kuliner khas yang lezat. Salah satu yang populer adalah ayam betutu. Namun, jangan salah, tetap banyak kuliner yang perlu anda cicipi disaat liburan ke Bali. Berikut deretan makanan khas Bali yang perlu anda coba :

1. Nasi Campur Bali

Ngomongin makanan khas Bali, tentu saja harus menyebut Nasi Campur Bali di kronologis pertama. Sesuai namanya, nasi campur (atau biasa dikenal termasuk dengan nasi rames) terhadap dasarnya adalah nasi dengan beragam lauk dan sayur. Nah, untuk Nasi Campur Bali, biasanya yang disediakan adalah nasi dan juga suwiran daging, lawar atau urap, dan sate lilit. Enggak jarang termasuk yang disempurnakan dengan potongan telur rebus dan kacang tanah goreng. Oh ya, jangan lupa termasuk dengan sambal matahnya, ya!

Saat liburan ke Bali, kamu sanggup menemukan nasi campur dalam “tiga nama”: nasi campur babi yang berarti disediakan dengan daging babi guling; nasi campur ayam atau nasi ayam, yang disediakan dengan ayam suwir; atau nasi pedas, yakni warung nasi campur yang menyajikan sambal pedas sebagai jualan utamanya

2. Sate Lilit

Sate Lilit adalah makanan khas Bali lainnya yang lumayan unik gara-gara daging yang digunakan dapat dicincang lebih-lebih dahulu, baru lantas dililit ke tusukan dari batang bambu atau jadi di batang daun serai! Rasanya luar biasa enak, dan keliru satu kuliner Bali lainnya yang wajib banget kamu menikmati pas liburan ke Bali. Seperti lawar dan sambal matah, Sate Lilit terhitung enteng banget ditemukan lebih-lebih di warung nasi campur. Kamu bahkan mampu menikmatinya di restoran seperti atau di Ubud.

3. Babi Guling

Makanan khas Bali ini populer banget apalagi di kalangan turis internasional! Maklum, babi guling memang salah satu kuliner Bali yang andalan banget; bagi yang bisa mengonsumsinya (tentu aja makanan ini enggak halal, ya), nikmati babi guling tepat liburan ke Bali adalah keharusan. Sesuai namanya, babi guling adalah hidangan daging babi yang dimasak bersama dengan cara dibakar utuh bersama dengan bermacam rempah, lantas diputar-putar (diguling-guling) agar masak merata. Kemudian dagingnya disediakan bersama dengan nasi campur, bersama dengan tekstur daging yang empuk dan kaya rasa dari rempah.

4. Ayam Betutu

Ayam betutu merupakan kuliner khas dari Gilimanuk, bersifat ayam yang dimasak dengan rempah pedas didalam kala lama, agar menghasilkan hidangan ayam yang empuk dan pedas. Makanan khas ini adalah tidak benar satu yang paling enggak boleh dilewatkan kala liburan ke Bali, bahkan buat anda yang suka makanan pedas.
Meski aslinya berasal dari Gilimanuk, anda sanggup mendapatkan ayam betutu di banyak tempat di Pulau Bali, terlebih di tempat wisata seperti Bali Selatan!

5. Sambal Matah

Nah, untuk makanan yang satu ini juga umumnya disajikan bersama dengan nasi campur. Bahkan saking populernya, sekarang juga banyak disajikan bersama dengan ragam makanan lain, juga Salted Egg Rice yang terkenal banget sebagian tahun terakhir. Yup, Sambal Matah memang telah lebih dari sekadar sambal khas bali, namun merupakan salah satu sambal terpopuler di Indonesia! Kamu bisa bersama dengan enteng menemukannya di Bali terlebih waktu menikmati Nasi Campur khas Bali.