Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan dibagi jadi wilayah Indonesia (73%), Malaysia (26%), dan Brunei (1%). Pulau Kalimantan populer bersama dengan julukan “Pulau Seribu Sungai” gara-gara banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

Selain itu, Kalimantan populer akan destinasi wisatanya yang jadi surga para fans alam. Begitu termasuk bersama dengan warisan budayanya yang masih kental. Selain menyimpan keindahan alamnya yang menakjubkan, ternyata Kalimantan pun punyai keunikan lainnya.

Disamping itu, makanan khas Kalimantan punya sajian yang berbeda di tiap area masing-masing, yang mana keunikan berikut salah satunya terdapat terhadap olahan kulinernya. Memadukan pada bermacam sumber daya alam yang ada dengan rempah khasnya, sebabkan makanan khas Kalimantan punya cita rasa yang begitu lezat.

Kalimantan punya begitu banyak ragam style kuliner yang rasanya khas dan tidak mengecewakan. Makanan khas Kalimantan ini termasuk sanggup ditemukan di semua lokasi Kalimantan. Setiap daerahnya punya makanan khas yang sedap dan mesti Anda cobalah

1. Soto Banjar

Inilah makanan khas Banjarmasin pertama yang perlu Moms cicipi saat hingga di kota Banjarmasin. Mungkin Moms dulu mencicipi soto ini di kurang lebih area tinggal.

Namun, tampaknya, Moms selamanya perlu mencicipi soto Banjar di kota asalnya untuk jelas cita rasa yang sebetulnya yang sudah pasti akan berlainan dan lebih nikmat.

Soto Banjar ini biasanya menggunakan olahan daging ayam sebagai bahan utamanya, dan daging ayam selanjutnya akan disuir-suir bersama dengan ukuran kecil.

Soto banjar terhitung biasanya dilengkapi bersama dengan perkedel dan terhitung telur 1/2 matang yang udah diiris.

Nah, tambahan telur setengah masak ini adalah salah satu yang membedakan soto banjar bersama dengan beraneka style soto-soto lainnya yang biasa.

Tak cuma itu, ada satu hal lagi yang buat soto ini berlainan bersama dengan yang lain, yaitu pemakaian kayu manis sebagai rempahnya dan bukan kunyit.

Alhasil, soto ini memiliki warna yang terlihat lebih bening.

Sebagai pelengkap, Moms mampu memakannya bersama dengan tambahan nasi dan taburan bawang goreng dan daun bawang pada bagian atasnya.

2. Nasi Kuning Banjarmasin

Mungkin kalian udah biasa mencicipi nasi kuning, tapi Moms perlu mencicipi nasi kuning khas Banjarmasin. Pasalnya, nasi kuning yang dimiliki oleh area Banjar berbeda bersama nasi kuning berasal dari daerah-daerah lain.

Kalian dapat mendapatkan perbedaannya berasal dari model beras yang digunakan. Selain model berasnya, orang Banjar termasuk kebanyakan mengfungsikan bumbu yang berbeda agar memberi tambahan ciri khas yang perlu kalian cicipi.

Makanan khas Banjarmasin ini lebih sering mengfungsikan beras pera, bukan beras pulen seperti terhadap umumnya. Sementara untuk bumbunya, orang Banjar membawa selera yang cukup berbeda bersama orang Jawa.

Kalau nasi kuning khas Jawa menjadi lebih harum dikarenakan diberikan daun salam dan serai, maka nasi kuning banjar hanya mengfungsikan sedikit bumbu.

Rempah yang digunakan antara lain kunyit untuk mewarnai nasi alami dan daun pandan sebagai penambah aroma. Tak hanya itu, makanan khas Banjarmasin yang satu ini termasuk membawa langkah saji yang berbeda.

Jika di tempat-tempat lain, nasi kuning kebanyakan mengfungsikan orek tempe dan aneka lauk lain.

Nah, di area Banjar, nasi kuning disediakan bersama lauk bumbu habang atau bumbu merah dan serundeng untuk pelengkap dan memberi tambahan cita rasa gurih.

3. Nasi Itik Gambut

Bagi kalian yang gemar makan makanan bersama dengan cita rasa gurih, maka Moms juga kudu coba kuliner khas Banjarmasin seterusnya yaitu nasi itik gambut.

Sesuai namanya, makanan asal Banjarmasin ini adalah olahan nasi dan itik yang dimasak bersama dengan beragam bumbu khas Banjar.

Pengolahan bumbunya pun tidak sembarangan, agar cita rasa pedas nan manis dari bumbu kuliner khas Banjarmasin ini menyerap hingga ke didalam daging itik.

Selain itu, makanan ini biasanya disediakan didalam bungkusan daun pisang. Alhasil, aroma sedap dari masakan ini bakal semakin bertambah.

4. Ketupat Kandangan

Makanan khas dari Kandangan, Kalimantan Selatan ini juga punya rasa otentik. Makanan ini berbahan dasar ketupat. Ketupat yang digunakan pada Ketupat kandangan di sini punya kuah yang lebih keruh lantaran terdapat tambahan bersifat santan. Cita rasa yang diciptakan tentu saja lebih nikmat dan gurih.

Kalau umumnya ketupat disediakan bersama dengan ayam atau daging, maka ketupat kandangan ini disediakan bersama dengan ikan. Ikan yang digunakan di dalam ketupat kandangan adalah model ikan gabus. Ikan gabus ini dimasak bersama dengan cara dipanggang terutama dahulu sebelum akan dimasak bersama dengan kuah santan yang penuh bumbu.

5. Manday Kalimantan

Bisa dikatakan terkecuali manday nyaris sama dengan Gudeg yang ada di Jogja. Adapun yang membedakan pada dua hidangan ini terdapat pada bahan utamanya. Manday atau mandai ini terbuat berasal dari kulit buah cempedak. Makanan ini dibikin dengan cara diasinkan selama sebagian hari. Manday dapat dikonsumsi dengan cara digoreng terlebih dahulu.

Makanan khas Kalimantan ini lumayan unik terkecuali dibandingkan dengan kuliner lainnya. Cita rasa yang diciptakan berasal dari Manday pun benar-benar khas, agar dapat menyebabkan kelezatannya sendiri. Jadi, tak ayal terkecuali banyak sekali pelancong yang singgah jauh jauh cuma untuk mencicipinya secara langsung.