Begitu banyak kuliner tradisional khas Indonesia yang menawarkan cita rasa lezat, tidak benar satunya adalah pecel. Lo sanggup mendapatkan banyak variasi style pecel di beragam wilayah nusantara. Setiap tempat punya karakteristik pecel yang berbeda-beda.Semuanya punya ciri khas tersendiri yang keluar dari tampilan maupun bahan-bahan pembuatannya.

Apa saja pecel unik Indonesia yang pas disantap dikala liburan? Berikut adalah 7 pecel di antaranya. Silakan cek postingan di bawah ya bro! lucky neko slot

1. Pecel Ponorogo

Traveler sanggup menjumpai pecel saat berkunjung ke tempat Ponorogo, Jawa Tengah. Proses pembuatan pecel Ponorogo kabarnya melibatkan parutan kelapa dan bumbu trancam. Kehadiran bahan-bahan berikut membuat cita rasanya kian unik dan nikmat. Wajib dicoba deh bro!

Bahan-bahan yang diperlukan untuk menyajikan pecel Ponorogo sesungguhnya tak jauh tidak sama dengan pecel terhadap umumnya. Contohnya layaknya sayuran rebus dan bumbu kacang. Meski demikian, sejumlah penjual kerap beri tambahan sebagian lauk-pauk ke didalam makanan ini supaya rasanya bertambah lezat.

Ada banyak pilihan lauk-pauk yang sanggup dipadukan dengan pecel khas Ponorogo. Kelezatan pecel ini dapat naik berlipat-lipat dikala lo menyantapnya dengan ikan wader, telur ceplok, tempe kepleh, telur dadar, dan peyek. Jangan sampai lupa mencicip pecel ini ya bro!

2. Pecel Punten

Banyak dari lo mungkin sudah sanggup menebak asal pecel ini sehabis mendengar namanya, ‘kan? Pecel punten berasal dari tempat Jawa Barat. Cita rasa pecel ini juga sungguh nikmat. Tak heran, makanan ini punya banyak fans di mana-mana.

Mirip layaknya pecel kebanyakan, pecel punten juga dibuat mengfungsikan bahan sayuran supaya sehat untuk dikonsumsi tiap tiap hari. Hanya saja sistem penyajian makanan ini mengikutsertakan bahan pelengkap bersifat ketupat. Sekali mencoba pecel punten, lo dapat dibuat ketagihan dengan rasanya yang gurih dan nikmat. Langsung disantap deh bro!

3. Pecel Ndeso

Pecel dengan nama unik ini juga patut dicoba wisatawan penggila kuliner terhadap jaman liburan. Pecel ndeso sanggup lo temukan di tempat Solo. Cita rasa makanan ini juga terlampau memanjakan lidah. Wajib dijajal saat sempat deh!

Asal-usul nama “pecel ndeso” konon terinspirasi dari wilayah makanan ini saat pertama kali ditemukan. Warga Solo beri tambahan nama berikut lantaran kuliner ini ditemukan di wilayah dusun-dusun kurang lebih Solo. Keistimewaan rasa pecel ndeso juga ditunjang dari variasi bahan pembuatannya, yakni nasi merah dan kerupuk gendar.

Pecel Ndeso kurang terasa lengkap tanpa Kedatangan kerupuk gendar. Kerupuk ini diolah dari adonan nasi yang sudah disertai bumbu rempah dan juga tepung tapioka. Masyarakat Solo kebanyakan menjuluki kerupuk gendar dengan panggilan “karak”.

4. Pecel Tumpang

Sesuai namanya, kuliner satu ini di sajikan dengan sambal tumpang. Sambal berikut kabarnya diolah dari tempe semangit asal Kediri. Orang-orang kebanyakan lebih mengenal tempe ini dengan sebutan “tempe bosok”.

Tempe semangit sejatinya merupakan tempe busuk. Meski demikian, tempe ini senantiasa aman untuk disantap oleh semua orang. Pecel tumpang menawarkan cita rasa pedas yang menggugah selera. Lo dapat dibuat tergila-gila dengan rasanya yang unik deh.

5. Pecel Madiun

Di antara semua style pecel yang ada, Pecel Madiun mungkin mendiami peringkat paling atas sebagai pecel paling populer. Pecel satu ini terbuat dari campuran sayuran rebus, terasa dari daun kacang panjang, petai cina, daun singkong, kemangi, kangkung, kenikir, bayam, kacang panjang. Banyak sekali, bukan?

Seluruh style sayuran berikut nantinya disiram dengan kuah bumbu kacang yang kental. Pecel Madiun dapat lebih nikmat lebih enak sekiranya dicicip dengan nasi dan juga gorengan. Kuliner ini tentu sanggup jadi pilihan menu makan siang yang pas untuk menggantikan gado-gado atau ketoprak

6. Pecel Turi

Berlibur ke Yogyakarta rasanya kurang pas sekiranya tidak mencicipi kelezatan pecel turi. Nama pecel ini terilhami dari bahan dasar pembuatannya sendiri, yakni kembang atau bunga turi. Keunikan rasa pecel turi tentu layak dicoba para wisatawan yang tengah bersantai.

Lo sanggup mendapatkan kuliner ini dengan mudah di tempat Magelang. Para pedagang pecel turi kebanyakan berjualan di tempat kawasan wisata Candi Borobodur. Mencicipi kuliner ini tentu dapat membuat pengalaman libur lo di Yogyakarta kian berkesan.

7. Pecel Kecombrang

Kandungan pecel ini kabarnya terlampau sama dengan pecel Madiun. Meski begitu, pecel kecombrang senantiasa menghadirkan rasa unik dikarenakan disertai dengan bahan kecombrang. Saat mengunyahnya, kuliner ini dapat mengeluarkan aroma wangi layaknya jeruk. Mantap sekali, bukan?