Asinan merupakan salah satu model makanan yang dibuat bersama dengan cara pengacaran. Yang mana, pengacaran berikut dijalankan melalui sistem pengasinan bersama dengan garam, atau pengasaman mengfungsikan cuka.

Bahan-bahan yang diacarkan sendiri pun, biasanya adalah beragam tipe buah dan sayur-sayuran, yang sesuai dijadikan sebagai bahan asinan.

Jika dilihat sekilas, asinan bisa saja terlihat layaknya rujak. Namun, yang membedakan pada asinan dan rujak adalah bahan utama yang digunakannya.

Untuk rujak sendiri, bahan yang digunakan biasanya adalah buah-buahan yang masih segar. Sementara, asinan lebih pakai buah atau sayuran yang biasanya udah melalui proses pengacaran. Kita bakal mengulas lima jenis asinan paling terkenal khas Indonesia, spesifik untuk anda sebagai berikut.

1.  Asinan Betawi

Jenis asinan paling tenar khas Indonesia yang pertama adalah asinan Betawi. Ini merupakan type asinan sayur ciri khas orang Betawi, yang terbuat berasal dari lebih dari satu type sayur layaknya taoge, selada, kol dan lain sebagainya.

Asinan Betawi sendiri, biasa disediakan bersama bumbu kacang yang dicampur bersama cuka dan cabai. Agar tambah lezat, biasanya asinan Betawi dikonsumsi dalam situasi dingin, selanjutnya ditambahkan taburan kacang dan kerupuk sesuai selera.

Semua perpaduan bahan tersebut, beserta rasa manis, asam dan pedas yang dihadirkan Asinan Betawi, membuatnya tambah sedap disantap.

Jika kamu penasaran, kamu dapat membelinya di beragam toko asinan, atau membuatnya sendiri di rumah, mengingat bahan yang dibutuhkan untuk sebabkan asinan Betawi ringan didapat, serta langkah pembuatannya yang ringan dilakukan.

2. Asinan Jagung Bakar

Siapa di pada kamu yang dulu mengonsumsi asinan jagung bakar? Sebagai tidak benar satu jenis asinan paling tenar khas Indonesia, asinan jagung bakar mempunyai cita rasa yang bisa memanjakan lidah.

Bagaimana tidak, asinan yang termasuk berasal dari kota Bogor ini, tidak cuma menambahkan rasa segar saja, tetapi termasuk menambahkan rasa manis, gurih dan pedas di dalam satu kali suapan.

Maka dari itu, tidak heran bila asinan ini banyak diburu, terutama disaat siang hari selagi matahari sedang terik-teriknya.

3. Asinan Bogor

Selain asinan Betawi, salah satu type asinan paling terkenal khas Indonesia lainnya, yakni asinan Bogor. Jenis asinan yang satu ini mungkin sedikit tidak serupa dari asinan Betawi

Karena asinan ini tidak memakai sayuran, melainkan memakai sebagian type buah-buahan, layaknya nanas, kedondong, mangga, bengkuang, pala dan lain sebagainya.

Selain itu, asinan Bogor pun kebanyakan di sajikan dengan kuah cuka yang bercita rasa asam manis. Sehingga, terlalu sesuai jika dipadukan berbagai macam buah-buahan segar.

Kacang tanah goreng pun kerap kali digunakan sebagai taburan asinan Bogor, untuk menambahkan cita rasa gurih seiring dengan manis dan asam. Asinan Bogor bakal tambah lezat, apabila disantap di siang hari kala cuaca sedang panas-panasnya.

4. Asinan Rambutan

Selanjutnya ada asinan rambutan, yang menjadi jenis asinan paling kondang khas Indonesia. Menggunakan rambutan sebagai bahan utamanya, asinan asal Pulau Sumatera ini memiliki cita rasa pedas asam yang menyegarkan.

Apalagi pemakaian cabai, gula, garam dan perasan jeruk nipis pada kuah asinan ini, bisa menyebabkan rasa kantuk hilang seketika dan mengembalikan konsentrasi.

Dengan begitu, tidak heran jikalau asinan ini banyak dikonsumsi di siang hari, terlebih kala cuaca tengah panas.

5. Asinan Gohu

Jenis asinan paling tenar khas Indonesia yang paling akhir adalah asinan Gohu. Berasal dari Manado, asinan ini manfaatkan pepaya muda sebagai bahan utamanya.

Sementara untuk kuahnya sendiri, asinan ini manfaatkan lebih dari satu bahan seperti jahe, cabai rawit, garam dan juga terasi.

Perpaduan semua bahan tersebut, membawa dampak kuah asinan yang satu ini punya cita rasa yang unik, dikarenakan mencampurkan rasa manis, gurih, dan pedas secara bersamaan.