Jajanan Khas Jogja – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau di sebut juga Jogja kini menjadi destinasi wisata favorit dari https://shcattanbark.com/ dan pengunjung. Selain menawarkan berbagai tempat menarik untuk di kunjungi, kota ini juga terkenal dengan berbagai kuliner khasnya yang patut untuk di coba. Salah satu makanan khas Jogja adalah Gudeg, sajian dengan cita rasa manis gurih yang memanjakan lidah. Tak hanya itu, ada juga makanan lainnya seperti sate klatak, bakpia, sate kere, dan berbagai masakan lezat lainnya.

Berkunjung ke Jogja belum lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khasnya. Simak penjelasan masing-masing makanan khas Jogja berikut ini.

Rekomendasi Makanan Khas Jogja

Makanan khas Jogja ini mempunyai cita rasa yang khas dengan cara penyajiannya yang unik. Berikut makanan khas Jogja yang menarik untuk di coba.

1. Bakpia Pathuk

Bakpia Pathuk merupakan makanan khas Jogja yang sering di cari wisatawan. Bakpia Pathuk merupakan salah satu ikon kuliner legendaris di Jogja yang sering di jadikan oleh-oleh.

2. Sate Kere

Makanan ini sudah memantapkan identitasnya di kalangan pecinta sate. Sate kere terbuat dari daging kopyor atau bagian lek sapi yang di olah dengan bumbu khusus, sehingga ketika di panggang menghasilkan aroma yang menggugah selera. Tak hanya aromanya yang khas, rasa dagingnya pun tak kalah nikmat.

3. Sate Klatak

Banyak orang yang salah mengira sate klatak berasal dari daging kodok karena namanya terdengar mirip. Namun sate ini sebenarnya terbuat dari daging kambing yang telah di bumbui dengan sejumlah bumbu, kemudian di tusuk menggunakan batang besi, bukan tusuk bambu pada umumnya.

4. Gudeg

Mendengar kata “gudeg” langsung mengasosiasikan kita dengan kota Jogja. Menu khas ini berbahan dasar nangka muda yang di masak dengan santan dengan proses pemasakan yang cukup lama. Makanan khas Jogja yang layak untuk di cicipi ini umumnya di sajikan dengan nasi dan di sajikan dengan santan kental atau kuah areh, ayam kampung, telur, tahu, dan sambal goreng krecek.

5. Mie Lethek

Mie lethek umumnya di olah menjadi mie rebus atau mie goreng. Hidangan ini sering di sajikan dengan telur bebek atau ayam kampung, potongan ayam, dan berbagai jenis sayuran. Makanan ini bisa di konsumsi sebagai pelengkap nasi untuk menambah rasa kenyang.